12 Warga Sawahlunto Ikuti Pelatihan Keahlian di BBPLK Bekasi

SAWAHLUNTO SUMBAR INDEKSNEWS Sebanyak 12 calon tenaga kerja terampil dari Kota Sawahlunto yang telah dinyatakan lolos seleksi akan segara diberangkatkan mengikuti pelatihan kerja di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi.

Kepala Dinas PMPTSP Naker yang membawahi BLK Sawahlunto, Dwi Darmawati mengatakan, ke12 peserta yang berhasil lulus seleksi itu akan diberangkatkan hari Senin, 4 Nopember 2019 dan akan mengikuti pelatihan selama 30 hari kedepan.

” Ke 12 peserta yang lulus seleksi tersebut akan mengikuti pelatihan sesuai dengan kejuruan masing masing.Untuk Kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sub Perakitan dan Sub Jaringan akan diikuti masing masing sebanyak dua orang,” ujar Dwi Darmawati di Sawahlunto, Jumat (1/11)

Berikut nama nama Perseta Lulus seleksi

Perakitan
1 . Ramadhani Saputra
2. Yogi Yoseptian

Jaringan
1. Luthfi Ariesta Prayoga
2. Radinal

Sedangkan untuk Kejuruan Elektronika, sub kejuruannya terdiri dari operator instrumen dan sub fiber optik juga akan di ikuti masing masing sebanyak 4 orang peserta.

Operator Instrumen
1. Fazil Alra
2. Ahmad
3. Aditya Ramadhani
4. Rahmadsyah

Fiber Optik
1. Erdian Rahmana Putra
2. Rony Saputra
3. Muhammad Khusin
4. Erlangga Hadi Kusuma

Dwi Darmawati mengatakan seluruh pembiayaan peserta yang mengikuti pelatihan itu ditanggung pihak BBPLK Bekasi, termasuk para pendamping yang akan mengantarkan dan mendampingi peserta di Bekasi nanti. Selama mengikuti pelatihan, peserta juga akan menerima uang saku

Program ini terlaksana berkat kerjasama antara BBPLK Bekasi dengan Pemkot Sawahlunto. Kerjasama ini terwujud diinisiasi bermula saat kunjungan kerja Komisi 2 DPRD Sawahlunto ke BBPLK Bekasi beberapa waktu yang lalu.

Dalam kunjungan tersebut turut hadir Kepala Dinas PM, PTSP dan Naker Kota Sawahlunto, Wakil Ketua DPRD, Ketua Komisi II, Wakil Ketua Komisi II, Sekretaris Komisi II dan Anggota Komisi II.

Rombongan yang berjumlah 8 orang tersebut membahas mengenai banyaknya jumlah pengangguran di Kota Sawahlunto.

Dengan demikian pemerintah menyadari bahwa peningkatan SDM merupakan salah satu kunci dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan saat ini, salah satunya yaitu dengan mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi di BBPLK Bekasi.

Pelatihan kerja ini merupakan wujud nyata program perluasan kesempatan kerja melalui pembinaan pelatihan keterampilan kerja pada masyarakat. Keahlian dan keterampilan ini bisa menjadi bekal untuk berwirausaha, sedangkan sertifikat bisa menambah portofolio saat melamar pekerjaan, dengan demikian dapat mempercepat pengurangan pengangguran.

Sebelumnya telah dilakukan seleksi terhadap 35 orang peserta. Dari jumlah itu sebanyak 12 orang dinyatakan lulus seleksi dan berhak mengikuti pelatihan di BBPLK Bekasi yang berada dibawah naungan Dirjen Bina Pelatihan Peningkatan Produktifitas Kementerian Tenaga Kerja RI.

Dikutip dari situs BBPLK Bekasi menjelaskan, Ada dua jenis kerjasama antara BBPLK Bekasi dengan Industri. Yang pertama, melalui sistem Memorandum of Understanding (MoU), seperti kerjasama antara BBPLK Bekasi dengan PT. Media Nusantara Citra. Berupa Very Small Aperture Terminal (VSAT) oleh  Pasifik Satelit Nusantara (PSN).

Pelatihan menyesuaikan dengan kebutuhan industri. Hal ini diskemakan di Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).  Ada juga yang tidak melakukan MoU dengan BBPLK Bekasi, namun melakukan rekrutmen di BBPLK Bekasi.

Program pelatihan di BBPLK Bekasi dibentuk berdasar kebutuhan industri. Strateginya dengan penempatan para lulusan BBPLK Bekasi dengan memberi peluang seluas-luasnya perusahaan untuk bekerjasama.

Facebook Comments

Loading...
loading...