Urang Minang Baralek Gadang 2019

175

Komunitas Muda Mudi Minangkabau atau yang biasa dikenal 3M sebuah komunitas seni berbasis kreatifitas bagi generasi millenial Minangkabau selenggarakan Perhelatan Akbar Urang Minang Baralek Gadang 2019 bertempat di Parkir Outdoor Lobby Utama City Plaza, Jatinegara, Jakarta Timur mulai dari hari Jumat (08/03/2019) sampai dengan Minggu (10/03/2019) yang dibuka mulai pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB.
Kemeriahan dan kemegahan pertunjukan kesenian dan budaya Minangkabau mulai dari tradisional dan modern ini dihadiri oleh pelaku seni, tokoh publik, usahawan, Sosial enterpreneur yang akan dihibur oleh artis kenamaan dari Ranah Minang.

Event ini menyuguhkan konsep pasar tradisional tempo dulu sehingga pengunjung diharapkan larut dalam nostalgia zaman dahulu dengan kombinasi objek foto sehingga bisa menjadi Social Media Friendly dan Instagramable.
Adapun rangkain pertunjukan tak kalah serunya dipersembahkan oleh 3M selaku Penyelenggara seperti, permainan KIM (Kuis Irama Minang), Parade Tambua Basa, Tarian daerah, Akustik Minang, Standup Comedy Minang, Pertunjukan Sulap, Beatbox, Musikalisasi Puisi, Silat, Randai, Rabab, Saluang dan lainnya selama event berlangsung.
Aneka bazaar kuliner terpampang didepan mata para pengunjung dengan menampilkan juga produk-produk UMKM daerah, Talkshow pun dihadirkan untuk menambah wawasan para pengunjung yang ingin mengetahui informasi mengenai Ranah Minang.
Di hari pertama ini, Jumat (08/03/2019) sederet artis Ranah Minang siap menghibur para pengunjung seperti, Yogi Nandes KDI, Opetra, Nova Yuliana, Alfina Braner, Nong Niken, Liana Ayu KIM dan artis pendukung lainnya. Event Akbar Urang Minang Baralek Gadang 2019 ini terbuka untuk umum dengan tiket masuk gratis.

Antusiasme masyarakat yang datang terlihat begitu bersemangat, ratusan pengunjung berjubel memenuhi depan panggung acara, hiburan musik yang disuguhkan cukup membuat para pengunjung ikut larut dalam alunan musik.
Apalagi saat Opetra, artis senior Minang dengan genre komedinya mengocok perut pengunjung sehingga suasana menjadi lebih hidup dengan sorak sorai dan tawa penonton. Opetra yang telah merilis puluhan album itupun tidak segan-segan mengajak para penonton berinteraksi langsung, bahkan Opetra mempersilahkan penonton yang mau berjoget diatas panggung untuk mendampinginya melantunkan lagu-lagu tempo cepat Minang.
Setelah melantunkan tiga buah lagu Opetra dikerubungi para fansnya untuk foto bersama dibelakang stage yang memang disediakan untuk basecamp talent oleh Panitia Pelaksana, di deretan artis Minang ada Nova Yuliana dan Ayu Blank KIM juga turut meramaikan hari pertama Event tersebut.

Bobi Arianto selaku Ketua Komunitas Muda Mudi Minangkabau (3M, red) dan juga Ketua Pelaksana event tersebut ┬ámengatakan, “acara ini diselenggarakan dengan tujuan sebagai Wadah Sillaturrahmi antar dunsanak (saudara, red) yang ada di perantauan sambil mengenal dan melestarikan seni budaya Minangkabau di perantauan dengan waktu persiapan cuma dua minggu dan yang sangat kita sayangkan event ini tanpa ada support sama sekali dari Pemerintah Sumatera Barat baik secara moril maupun materiil”

“Kita memperoleh pemasukan itu berasal dari sewa tenda para peserta yang ikut berpartisipasi dalam event kita ini sebanyak 46 tenda yang kita pasarkan, Alhamdulillah semuanya terisi. Peserta bahkan ada yang datang langsung dari Sumatera Barat” lanjut Bobi.
Bobi berharap para perantau Minangkabau tidak melupakan seni dan budaya dan bisa mengenali seni dan budaya kita sendiri walaupun di tanah perantauan.

Facebook Comments

Loading...
loading...