Bawaslu Kota Sawahlunto Belum Terima Laporan Money Politik

159

Sawahlunto – Sumbar Indeksnews Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Sawahlunto belum terima adanya laporan politik uang dari masyarakat pada masa tenang jelang Pemilu serentak pada 17 April 2019.
Hal tersebut juga disampaikan oleh Staff Komisioner Bawaslu Kota Sawahlunto Hadi Kumoro dijumpai di kantor Bawaslu Kota Sawahlunto, Senin (15/4)
” Sejauh ini kami belum menerima adanya laporan dari masyarakat terkait politik uang atau biasa disebut serangan fajar. Sejauh ini belum ada laporan,” ujarnya
Hadi Kumoro meminta masyarakat untuk bersama-sama mengawasi dan melaporkan jika menemukan tindakan money politic pada hari tenang jelang pemilu ini.
Hadi Kumoro mengatakan Bawaslu akan memproses laporan masyarakat sepanjang laporan tersebut memenuhi syarat formal dan materiil, yang termasuk syarat formil misalnya adalah harus jelas siapa yang melapor, siapa yang dilaporkan, kapan kejadiannya, apa bukti awalnya dan lain sebagainya.
Hadi Kumoro menjelaskan, Menurut undang-undang nomor 7 tahun 2017 pasal 515 mengatur politik uang yang dapat kena sanksi adalah pemberi uang.
” Penerima tidak kena sangsi, agar mereka dapat bebas melaporkan. Sedangkan pemberi, Caleg dan Partai Politik akan mendapatkan sangsi sepanjang itu dapat dibuktikan,” ujarnya

Facebook Comments

Loading...
loading...