Zohirin Sayuti : Dana Desa Manfaatkan Untuk Program Ekonomi Produktif

18

SAWAHLUNTO SUMBAR INDEKSNEWS Zohirin Sayuti Wakil Walikota Sawahlunto menginstruksikan Aparatur Desa dan Kelurahan untuk berinovasi meningkatkan pemanfaatan Dana Desa/Kelurahan pada program-program ekonomi produktif yang berpotensi mengangkat ekonomi masyarakat miskin.
“Jangan hanya bertumpu pada kegiatan infrastruktur” pesan Zohirin kepada peserta pelatihan peningkatkan SDM Aparatur Kelurahan se-Kota Sawahlunto, kamis (21/11) di Hotel Paray.
Disebutkan Wakil Walikota, program ekonomi produktif melalui Dana Desa/Kelurahan bisa berupa bantuan modal usaha, bantuan ternak dan usaha lainnya yang dimungkinkan oleh aturan keuangan.
Dengan sinergi program ekonomi produktif melalui OPD, Anggaran Desa dan Kelurahan, Zohirin optimis statistik angka kemiskinan Sawahlunto bisa menurun.
Zohirin juga menginstruksikan Aparatur Desa/Kelurahan untuk memantau apakah ada anak-anak yang putus sekolah di lingkungannya. “Jika ada dorong mereka untuk terus sekolah atau setidaknya mengambil pendidikan Paket, sehingga statistik Angka Lama Sekolah dan IPM Sawahlunto bisa meningkat” pesan Zohirin.
Disebutkan Zohirin, peningkatan Data Statistik sangat penting, karena menjadi acuan nasional keberhasilan prestasi Pembangunan Pemerintah Daerah. “Prestasi Pemerintah Daerah bukan hanya dilihat dari banyaknya penghargaan-penghargaan yang diterima, tetapi yang lebih menjadi acuan adalah pada peningkatan angka statistik” ujar Zohirin.
Penurunan grafik berbagai bidang di data statistik Sawahlunto selama beberapa tahun terakhir, baik itu penurunan ekonomi, penurunan Indeks Pembangunan Manusia, dan indeks lainnya, menyebabkan Sawahlunto tidak menerima Dana Insentif Daerah di tahun ini.
Karena itu Wakil Walikota menginstruksikan Desa dan Kelurahan untuk bersama-sama berinovasi pada program-program ekonomi kerakyatan, demi meningkatkan grafik pertumbuhan ekonomi Sawahlunto.
Zohirin juga mengingatkan Aparatur Desa untuk berhati-hati mengelola anggaran, karena sebaik apapun hasil pembangunan yang dilakukan, jika administrasi tidak bagus, bisa tersandung kasus korupsi. Begitupula sebaliknya, sebaik apapun administrasi jika hasil pembangunan kurang bagus, juga bisa jadi batu sandungan di kemudian hari.

Facebook Comments

Loading...
loading...