DPRD Sawahlunto Gelar Sidang Paripurna HJK 131 Kota Sawahlunto

66

SAWAHLUNTO SUMBAR INDEKSNEWS DPRD Kota Sawahlunto menggelar Sidang Paripurna Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kota (HJK) 131 Kota Sawahlunto, Minggu (1/12)
Rapat Paripurna tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Sawahlunto Eka Wahyu didampingi Wakil Ketua DPRD Jaswandi dan Elfia Rita Dewi.
Suasana Gedung DPRD Kota Sawahlunto tampak berbeda dari biasanya. Dekorasi ruangan gedung dewan dengan balutan pelaminan khas ranah Minang menambah semarak peringatan HJK di Gedung DPRD Sawahlunto
Walikota Sawahlunto Deri Asta dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada segenap pimpinan dan anggota melaksanakan Sidang Paripurna memperingati HJK 131 Kota Sawahlunto tahun 2019. Deri Asta mengatakan, HJK merupakan momen bahagia sekaligus langkah strategis memperbaiki kekurangan dan menghadapi tantangan kedepan menuju Kota Sawahlunto yang inovatif, maju dan bermartabat.
” Tahun ini Sawahlunto ditetapkan sebagai Kota Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO di Azerbaijan sehingga merupakan tantangan bagi kita semua dalam menyongsong masa depan yang lebih baik,” ujar Deri Asta.
Walikota Sawahlunto Deri Asta dalam pidatonya menyebutkan angka pengangguran di Sawahlunto dari 6,19 persen turun menjadi 5,75 persen
Asisten Administrasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat,  Devi Kurnia dalam sidang Paripurna tersebut mengatakan, berdasarkan hasil penilaian evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah yang dituangkan dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 118-8840 tahun 2018 tentang penetapan peringkat dan status kinerja Pemko Sawahlunto secara nasional naik dua peringkat dari posisi ke-49 menjadi peringkat ke-47.
“Skor kinerja Sawahlunto yakni 3139, kategori status sangat tinggi,” ujarnya di ruang rapat DPRD Kota Sawahlunto.
Lebih lanjut Devi menjelaskan, untuk tingkat Sumbar, kinerja Pemko Sawahlunto naik satu peringkat dari posisi 5 menjadi peringkat 4 dari 7 Kota yang ada.
Gambaran tersebut, sambung Devi, dapat dijadikan acuan dan pedoman dalam perencanaan pembangunan untuk tahun berjalan maupun tahun anggaran berikutnya
Rapat Paripurna tersebut ditutup langsung Ketua DPRD Kota Sawahlunto,  Eka Wahyu, SE. Politisi perempuan dari Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) tersebut mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu dan undangan sidang Paripurna itu.
” Kami juga meminta maaf atas segala kekurangan dalam pelaksanaan sidang Paripurna ini dan menyatakan sidang Paripurna DPRD dalam rangka memperingati HKJ Kota Sawahlunto Ke 131 ditutup,” ujar Eka Wahyu sambil mengetok palu sidang.
Peserta rapat langsung menuju rumah Dinas Walikota Sawahlunto kemudian melakukan arak-arakkan menuju Lapangan Segitiga Sawahlunto
Sebagaimana biasa setiap tahun, HJK Sawahlunto ditandai Makan Bajamba, diikuti seluruh unsur pemerintah beserta organisasi masyarakat, tak terkecuali para perantau seperti Majyen Purnawirawan, Asril Tanjung dan undangan lainnya.

Facebook Comments

Loading...
loading...