Rizky Targetkan Pabrik Karet di Sijunjung

Mendaftar Cabup ke Gerindra

Eskalasi politik kada di Kabupaten Sijunjung terus bergerak naik. Setelah sebelumnya DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) resmi menutup proses pendaftaran dengan hasil akhir mengantongi empat nama bakal calon (balon) Bupati-Wabup, kini giliran Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) diserbu para tokoh. Seorang pengusaha muda asal utara Sijunjung, Rizky Abidin Putra mendadak ikut mendaftar ke DPC Partai Gerindra dengan sasaran “BA 1 K”, Selasa (29/10).

Dengan masuknya nama Rizky Abidin ke dalam percaturan politik kada Sijunjung 2020, sontak mengagetkan seantro Kabupaten Sijunjung. Lantaran sosok yang satu ini sebelumnya nyaris tidak disebut-sebut ikut melaju, hingga fenomena ini menjadi kejutan bagi masyarakat. Plus kedatangannya ke Kantor DPC Gerindra terlihat turut dikawal mobil Patroli Polisi Lalulintas (Patwal).

Pengusaha muda, Rizky Abidin, asal Muaro Takung, Kecamatan Sijunjung ini juga terlihat turut didampingi oleh adik Fadlizon, H.Fikri Hidayat, diterima langsung Ketua DPC) Partai GERINDRA Kabupaten Sijunjung, Syahril Syamra Dt. Bagindo Nan Putiah, Sekretaris Naswardi, serta sejumlah pengurus partai. Diawali dengan diskusi ringan seputar perkembangan Sijunjung saat ini, pemaparan terobosan strategis, dilanjutkan pengambilan formulir pendaftaran.

Sehabis proses pendaftaran ke kantor partai politik pemenang Pileg 2019 tingkat Kabupaten Sijunjung ini, rombongan Rizky Abidin bertolak ke Komplek Wahana Telabang Sakti, Nagari Kunangan Paritrantang (Kunpar), Kecamatan Kamangbaru. Untuk bersilaturrahmi dengan seorang Tokoh Kamangbaru, Syahbuddin Dt.Sinaro, alias Datuak Abu. Agenda ke sini dikatakannya menjadi bahagian penting di awal langkahnya ikut melaju dalam percaturan politik kada 2020.

“Ya, tekad saya sudah bulat, saya ikut mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati Sijunjung periode 2021-2025, dengan sasaran ingin membangun Sijunjung di berbagai bidang. Salah-satu target yang harus diwujudkan, yaitu membangun Pabrik Pengolahan Getah Karet guna mendongkrak harga karet ditingkat petani,” bebernya kepada rombongan wartawan seusai mendaftar di Kantor DPC Gerindra Kabupaten Sijunjung.

Diakuinya pihaknya sengaja merapat dan ingin menumpang ke Gerindra sebagai kendaraan telah menjadi pilihan, sekaligus telah mendapat restu dari para tokoh di jajaran DPC Gerindra, diantaranya adalah Fadlizon.

“Saya kebetulan juga tercatat sebagai Kader Gerindra, selama ini aktif sebagai pengusaha. Sekali lagi saya tegaskan, saya ingin memajukan Kabupaten Sijunjung mengiringi daerah lain, berikut perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Ketua DPC Partai Gerindra,  Kabupaten Sijunjung, Syahril Syamra Dt. Bagindo Nan Putiah, menyatakan apresiasinya atas mendaftarnya Rizky sebagai Bacalon Bupati Sijunjung 2021-2025. Berdasarkan hasil diskusi terungkap ada kesamaan visi-misi antara Gerindra – Rizky dalam membangun Sijunjung kedepan. Namun untuk finalnya menjadi Bacalon Usungan Gerindra terhantung hasil seleksi.

Lebih lanjut diungkapkannya, sampai saat itu telah tercatat lima orang tokoh masyarakat Sijunjung mendaftarkan ke DPC Gerindra, antara lain Syafrizal, Endre Saifoel, Indra Gunalan, Liswandi, serta Rizky Abidin Putra. Dari lima orang tersebut, satu dianataranya (Liswandi) masih belum mengambil Formulir.

“Barusan Liswandi telah kami hubungi, rencananya dia akan mengambil formulir hari ini,” tukas Syahril.

NasDem Tutup Pendaftaran

Informasi yang berhasil dihimpun, sejauh ini setidaknya sudah empat partai politik (parpol) membuka proses pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah (Cakada). Parpol tersebut antara lain Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Nasional Demokrat (NasDem), serta Partai Demokrat.

Sedangkan partai NasDem, tercatat Jumat (25/10) sore keburu menutup proses pendaftaran. Dengan hasil akhir mengantongi empat calon kada, yakni Endre Saifoel, Liswandi, Benny Dwifa Yuswir, dan Hidayatulloh Montela yang juga merupakan ketua DPD NasDem.

Sehabis mendaftar ke DPD NasDem, bacalon Liswandi yang juga menjabat Ketua DPC Demokrat Kabupaten Sijunjung juga mulai menabuh proses pendaftaran di DPC Demokrat sendiri. Tanpa membuang waktu, pihaknya untuk perdana sekaligus menyatakan ikut mendaftar sebagai Cabup Sujunjung 2021-2025.

Ditambahkan Pengurus DPC Demokrat, Walbardi, partai tempatnya bernaung merupakan partai politik milik masyarakat. Hingga siapapun tokoh terbaik daerah yang berminat ingin menjadi kepala daerah, terhitung Jumat (25/10) telah dapat memasukan berkas pendaftaran ke kantor Demokrat.

“Mulai hari ini, 25 Oktober, DPC Demokrat Sijunjung resmi membuka pendaftaran bagi siapapun yang berminat, tanpa mahar,” tegasnya.

Terkait aturan spesifik, ulasnya, hingga saat itu belum ada juknis. Namun pada prsipnya DPC Demokrat Sijunjung telah diperintahkan membuka pendaftaran Bakal Calon Bupati (Bacalbup) oleh DPP. (***)

Facebook Comments

Loading...
loading...