Balon Hanya Boleh Didampingi Dua Pengurus Partai

Pendaftaran Cakada Dibuka 4 September

 

Sijunjung– Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sijunjung, Lindo Karsyah, menegaskan, pendaftaran pasangan bakal calon (balon) bupati – wakil bupati tanggal 4 – 6 September mendatang mengacu protokoler Covid-19. Yang boleh masuk dalam kantor KPU hanyalah bacalon dan ketua-sekretaris partai pengusung.

Selebihnya menunggu di luar, halaman gedung KPU setempat. Rombongan penggiring jumlahnya tidak boleh lebih dari 25 orang, satu sama lain wajib pakai maker, suhu tubuh 36 derajat celcius kebawah, dan posisi duduk berjarak maksimal 1 meter.

Demikian ditegaskan Ketua KPU Kabupaten Sijunjung, Lindo Karsyah dalam jumpa persnya di Ruang Pertemuan KPU Sijunjung, Rabu (26/8). Sekaitan kesiapan lembaga yang dipimpinnya menghadapi tahapan pendaftaran pasangan bacalon bupati – wakil bupati Sijunjung.

Sebagaimana diketahui momentum yang sangat ditunggu-tunggu tersebut dijadwalkan resmi dibuka selama tiga hari, yakni 4 – 6 September. Dengan batas akhir pada 16 September sekira pukul 00.00 wib

Lantaran Kabupaten Sijunjung juga menghadapi masa pandemi Covid-19, maka sistem penyelenggaraan pilkada 2020 pun diatur sesuai standar protokoler Covid-19. Hal ini sekakigus mengacu pada intruktruksi KPU
Pusat.

“Pendaftaran bakal calon kepala daerah dibuka 4 – 6 September, dengan sistem pelaksanaan mengacu pada standar protoker Covid,” ujar Lindo.

Ditegaskannya pula, pasangan bakal calon kada yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Anggota Dewan, TNI, Polri serta berbagai profesi instansi pemerintah lainnya, wajib menyertakan surat bukti pengunduran diri dari instansi tersebut.

Surat tersebut, ulasnya, terdiri dari tiga bagian. Meliputi surat permohonan pengunduran diri ke instansi, surat tanda terima dari instansi, dan surat keterangan lembaga berwenang yang menyatakan pengunduran tersebut sedang/sudah dalam proses.

“Kalau seseorang itu berlatar sebagai PNS, harus menyertakan surat keterangan dari Kantor BKPSDM. Demikian juga Anggota DPRD, TNI, Polri, sesuai jenjang kelembagaannya,” tegas Ketua KPU, Lindo Karsyah.

BACA JUGA  Polres Sijunjung Bantu Korban Banjir

Mengingat pesta demokrasi kada merupakan agenda lima tahunan yang memiliki peran penting terhadap kelansungan pembangunan daerah. Diharapkan partisipasi masyarakat untuk memilih berlangsung maksimal pada hari H pencoblosan. (Red)

Facebook Comments

loading...