4 Buaya Dekati Pemukiman, BKSDA Himbau Warga Tetap Waspada

buaya
ilustrasi
Sumbar, Indeksnews.com – Gerombolan buaya mendekati pemukiman warga Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, kabupaten Pasaman Barat. Hal tersebut memaksa Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) Resort Pasaman Barat memasang dua unit perangkap atau Box Trap untuk mengevakuasi buaya yang dilaporkan berjumlah empat ekor tersebut.

Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Sumbar Ade Putra menduga satwa dilindungi itu mendekati pemukiman warga ketika air pasang, dan ketika surut tidak dapat kembali ke perairan Muara Air Bangis.

BKSDA berupaya itu untuk mengevakuasi hewan dengan nama latin Crocodylus Porosus yang tersesat di perairan tergenang dekat pemukiman warga setempat.

“Menurut laporan warga setempat, sejak tertinggal di genangan air, buaya tersebut kerap naik ke darat sekitar rumah warga dan telah memakan beberapa ekor ternak warga,” katanya.Rabu (14/10/2020).

Akibat kejadian tersebut Camat Sungai Beremas, Afkar melaporkannya ke BKSDA Sumbar. BKSDA selanjutnya mendatangi lokasi dengan menurunkan tujuh orang personil.

BKSDA Sumbar menghimbau kepada warga agar waspada dan berhati-hati dalam beraktivitas disekitaran lokasi perairan muara Aia Bangih dan tidak membuang sisa potongan olahan daging baik ayam, sapi atau ikan di sekitar air di pemukiman warga.

“Kami imbau tidak melakukan itu karena dapat memancing buaya muncul untuk mencari makan dari sisa olahan daging tersebut,” katanya.
(Kay)

loading...