Enam JPT Menunggu Lelang Wako Deri Asta : Harus Tanda Tangan Pakta Integritas

SAWAHLUNTO SUMBAR INDEKSNEWS
Enam posisi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) atau Pejabat Kepala Dinas atau Kepala Badan di Lingkungan Pemerintah kota Sawahlunto masih lowong pasca dua kali mutasi pada Juni 2019 dan Oktober 2019 lalu.

Tampak sejumlah posisi jabatan strategis di pemerintahan Deri Asta – Zohirin Sayuti dikosongkan untuk dilakukan seleksi terbuka. Siapa dipercaya Deri – Zohirin mengemban jabatan Eselon 2b tersebut? Menarik disimak proses selanjutnya.

Menurut data BKPSDM Kota Sawahlunto, JPT yang masih lowong menunggu proses lelang yaitu;

(1) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)
(2) Kepala Dinas Pengelolaan Arsip dan Perpustakaan
(3) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ( BKPSDM)
(4) Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar
(5) Kepala Inspektorat
(6) Kepala Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD)

Sekretaris BKPSDM Kota Sawahlunto Afrizon mengatakan, usai pelantikan tiga JPT pada 28 Oktober 2019, pihaknya telah melaporkan hasilnya ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) melalui Aplikasi SIJAPTI (Sistem Informasi Jabatan Pimpinan Tinggi) KASN.

Hal itu dilakukan agar mendapatkan rekomendasi pelaksanaan seleksi terbuka 6 JPT yang hingga kini masih lowong.

” Hingga Jumat sore kemaren, Informasi dari KASN, permohonan sedang diproses dan menunggu rekomendasi ditandatangani oleh ketua KASN. Rekomendasi tersebut nantinya akan disampaikan melalui Aplikasi SIJAPTI dan setelah itu baru dapat diumumkan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi,” jelas Afrizon, Sabtu (2/11)

Afrizon menambahkan, seluruh proses harus berpedoman Permenpan- RB No 15 tahun 2019 Tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi.

Dikutip dari situs media, dalam rangka memperkuat proses dan integrasi seluruh alur pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di lingkungan instansi pemerintah, sejak tahun 2017 Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) meluncurkan aplikasi Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (SIJAPTI).

Aplikasi tersebut mencakup keseluruhan proses seleksi, mulai dari konsultasi, penyampaian dokumen rencana seleksi dan laporan hasil seleksi, serta dokumentasi database JPT.

Aplikasi SIJAPTI hadir untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, profesionalisme, kinerja serta akses dalam penyampaikan dokumen rencana seleksi dan laporan hasil seleksi serta pengawasan pelaksanaan pengisian JPT.

” Kini proses administrasi seluruhnya menggunakan Aplikasi SIJAPTI, seluruh syarat, pengumuman, time schedul, harus dientri melalui SIJAPTI,” jelas Afrizon

Dalam sebuah perbincangan dengan Walikota Sawahlunto Deri Asta mengatakan, JPT merupakan jabatan strategis dalam pemerintahan. Kedudukannya diatur dalam perundang-undangan dan KASN. Kepala daerah tidak dapat begitu saja mencopot JPT atau me Non-jobkan JPT dari jabatannya tanpa ukuran kinerja atau hanya lantaran suka atau tidak suka.

Deri menjelaskan, Kepala Daerah jika ingin mencopot atau mengganti Kepala Dinas harus berdasarkan ukuran kinerja dan melalui proses yang telah diatur dalam ketentuan aturan hukum perundangan undangan.

Deri Asta menyebut tindakan kepala daerah dengan sewenang-wenang mencopot Kepala Dinas tanpa prosedur dapat berujung pidana. Namun, bukan berarti Kepala Dinas tidak dapat diberhentikan dari jabatannya atau dijatuhi demosi (turun jabatan)

“Mereka dapat diberhentikan dari jabatannya, apabila program kerja atau kinerjanya tidak memenuhi target,” ungkap Deri

Deri menambahkan, JPT yang akan ia lantik nantinya sebelumnya harus menanda tangani Pakta Integritas,mampu bekerja dengan target menjalankan dan meksuksekan program dan visi misi Pemerintah Daerah.

“Apabila target atau program kerja tidak tercapai, mereka harus bersedia mundur dari jabatannya. Dan mereka harus tanda tangan. Dengan begitu kita dapat lebih mudah jika ingin melakukan mutasi atau pergantian,” ujar Deri Asta

Pakta Integritas tersebut dijelaskan masih di desain dengan model capaian indikator kinerja yang lebih terukur dan lebih kuantitatif.

“Nanti sekitar seminggu sebelum menjabat kita buatkan (Pakta Integritas diserahkan)” pungkasnya

Facebook Comments

Loading...
loading...