FKAN Pauh IX Kalaborasi Dispar Sumbar Gelar Pagelaran Produk Ekonomi Kreatif 2020

Padang – Anak Nagari Pauh IX yang tergabung dalam Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kecamatan Kuranji, Kota Padang bakal gelar “Pagelaran Produk Ekonomi Kreatif 2020”, dengan penampilan berbagai kesenian tradisi tradisional Minangkabau. Bertempat di Medan Bapaneh, Kantor KAN Pauh IX pada hari Senin (03/08/2020) Malam.

Pada pagelaran seni tradisi anak nagari Pauh IX ini dilaksnakan berkalaborasi dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Sumbar selama sebulan lebih BNN pada tanggal 03 Agustus sampai dengan tanggal 30 Oktober 2020.

“Namun, pertunjukan seni tradisi tradisional dengan memanfaatkan potensi seni tradisi Minangkabau yang ada di Kanagarian Pauh IX Kota Padang ini hanya dilaksanakan dua kali dalam seminggu,” ungkap Sekum FKAN Pauh IX Kuranji Indra Mairizal Rajo Bujang, SE pada awak media Sumbar.IndeksNews.com hari Kamis (30/07/2020) di Pukunga Pauh IX.

Sekum FKAN PAUH IX Indra Mairizal, SE didampingi Ketua Harian Erman Jamal, ST.

Sekum FKAN Pauh IX Kuranji Kota Padang Indra Mairizal Rajo Bujang SE dan Penanggung jawab kegiatan Erman Jamal Malin Marajo.

Sekum FKAN Pauh IX Kuranji Indra Mairizal juga mengatakan, dalam kegiatan pagelaraan seni tradisi tradisional ini juga diharapkan bisa menjadi bangkitan ekonomi kreatif, bagi pedagang kuliner yang berjualan di medan bapaneh tersebut. Selain itu, memberdayakan potensi seni tradisi tradisional yang ada di nagari.

Ketua Harian Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kuranji Erman Jamal, ST.

Didampingi penanggungjawab pelaksanaan kegiatan Erman Jamal menyampaikan, Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kecamatan Kuranji, Kota Padang ini merupakan organisasi sosial masyarakat yang tumbuh dari bawah berdasarkan Nilai – nilai kearifan lokal Nagari Pauh IX yang dikomandoi oleh Evi Yandri Rajo Budiman yang juga Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Barat.

Di mana secara organisasi FKAN Pauh IX berfungsi mengejawantahkan amanah dari para pemangku adat atau Ninik Mamak di lingkungan sistem kekerabatan adat di Nagari Pauh IX.

Selain itu, Erman Jamal mengatakan kegiatan ini sekaligus sebagai parik paga nagari yang bertanggung jawab menjaga, melestarikan dan mengembangkan kearifan lokal atau Simbol – simbol Nagari Pauh IX, Kecamatan Kuranji, Kota Padang pada khususnya dan Minangkabau Sumatera Barat pada umumnya.

Dalam kegiatan ini dilaksnakan FKAN secara swakelola dengan memanfaatkan dana Pokok – pokok pikiran dari Evi Yandri Rajo Budiman melalui Dinas Pariwisata Sumatera Barat, bertajuk Pagelaran Produk Ekonomi Kreatif 2020.

Pagelaran ini diselenggarakan di Medan Nan Bapaneh Kantor Kan Pauh IX “Kato Bajawek Gayung Basambuik” apa yang menjadi tujuan dari FKAN sangat dirasakan sekali mafaatnya oleh semua pihak, pangkasnya.

Sumber: Humas FKAN Pauh IX Kuranji.