Irwan Basir Resmikan Perguruan Silek Pauh Sasaran Kampung Jambak

Padang – Dalam rangka penguatan kearifan lokal, Ketua MPA Pauh IX Kuranji Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM meresmikan Perguruan Silek Pauh “Sasaran Kampung Jambak”. Bertempat di Jalan Kampung Jambak, Kelurahan Lubuk Lintah, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sabtu (21/08/2020) Malam.

Dari pantauan awak media di lapangan dihadiri oleh Ketua MPA Pauh IX Kuranji Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM., Kapolsek Kuranji diwakili Kanit Binmas, Ninik Mamak, Ketua IPSI Kota Padang diwakili Wakil Ketua Erman Jamal, Ketua FKAN Pauh IX Kuranji diwakili Ketua Harian Kadril Rajo Darek, Ketua RT 04 RW 04 Kampung Jambak, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, Bundo Kanduang, Tuo Silek dan anak sasian, serta undangan lainnya.

Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM menyampaikan, bangkitnya kembali Perguruan Silek Pauh “Sasaran Kampung Jambak” yang telah berdiri sejak tahun 1980-an. Namun sempat mati suri ini mendapat apresiasi dari Irwan Basir Datuk Rajo Alam.

“Ini menunjukkan masyarakat Kampung Jambak Lubuk Lintah memiliki kepedulian tinggi terhadap kearifan lokal, seperti Silek Pauh,” ungkap Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kuranji ini dalam sambutannya.

Peresmian Perguruan Silek Pauh Sasaran Kampung Jambak.

Datuk Irwan Basir juga menyebutkan, membina Nagari seperti halnya menjaga kearifan lokal ini tidak hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama seluruh komponen masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi ninik mamak, pemuda Kampung Jambak Lubuk Lintah yang telah membangkitkan kembali Silek Pauh yang merupakan bagian dari kearifan lokal dalam Sasaran Kampung Jambak,” ujar tokoh yang ikut berperan membantu masyarakat terdampak Covid-19 di awal merebaknya pandemi di Kota Padang ini.

Menurut Irwan Basir, Babaliak ka Nagari bukanlah berarti kembali kepada masa lalu, di masa lampu togok (penerangan memakai sumbu api) namun Babaliak ka Nagari adalah semangat untuk kembali menghidupkan pilar-pilar dan sendi-sendi adat budaya di tengah masyarakat agar terus diwarisi oleh anak kemenakan. Bak kata pepatah, Tak lapuak dek hujan, Tak lakang dek paneh.

“Dengan bangkitnya kembali Sasaran Kampung Jambak, maka budaya yang ada terus terwarisi dan terpelihara sekaligus melahirkan penjaga warisan budaya, yakni bibit-bibit sasian di seluruh tapian yang ada di Pauh IX Kuranji,” tukasnya dalam giat yang dipandu Nofrianto (Noa) Malin Mandaro yang bertindak sebagai Sipangka (Tuan rumah, red) ini.

Oleh karena itu, kata Irwan Basir, peresmian Perguruan Silek Pauh Sasaran Kampung Jambak malam ini menjadi momentum untuk menjaga kearifan lokal dan ajang silaturahmi seluruh komponen untuk bersama membina Nagari, yang pada intinya menandakan nagari itu “Barisi”.

Dengan peresmian ini, sebutnya, tentu harapannya Sasaran Silek Kampung Jambak semakin berkembang dan menarik perhatian generasi muda.

“Semakin bergairah serta berdampak pada semakin bertumbuhya bibit-bibit anak sasian dan pada gilirannya tidak lagi tertidur seperti waktu sebelumnya,” ujar Irwan Basir mengakhiri sambutannya, sekaligus meresmikan penggunaan kembali Sasaran Kampung Jambak.

Peresmian oleh Irwan Basir Datuk Rajo Alam sekitar pukul 22.33 WIB itu ditandai dengan pembukaan selubung Perguruan Silek Pauh Sasaran Kampung Jambak.

Peresmian itu dilanjutkan secara adat, yang dipimpin Sekretaris BMPN Pauh IX Kuranji Kadril Rajo Darek dengan mandabiah ayam (menyembelih ayam, red) bersama Tuo Silek, Maliki Malin Basa. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan atraksi anak sasian.

Dikesempatan tersebut Irwan Basir Datuk Rajo Alam juga memberikan bantuan langsung bagi pengembangan Perguruan Silek Pauh Sasaran Kampung Jambak sebesar Rp.2 Juta, disusul Ketua BMPN Pauh IX Kuranji M Fikar Datuk Rajo Magek sebesar Rp. 1 Juta.