Pemko Sawahlunto Berikan Bibit Dan Pelatihan Upaya Mengentaskan Kemiskinan

SAWAHLUNTO SUMBAR INDEKSNEWS Pemerintah Kota Sawahlunto bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPPT) memberikan pelatihan bagi penerima bantuan ternak agar dapat menghasilkan secara ekonomis dan berkelanjutan.

Pelatihan yang mendatangkan narasumber profesional dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat tersebut dilaksanakan di 4 Kecamatan di ‘Kota Arang’ selama 2 hari, yakni Rabu – Kamis (16 – 17 Oktober 2019). Menunjukkan perhatian dan keseriusannya pada program bantuan ternak bagi masyarakat kurang mampu tersebut, Walikota Deri Asta meninjau dan berdialog langsung dengan para penerima bantuan itu pada Kamis, 17 Oktober 2019.

Dalam kesempatan itu, Wako Deri Asta memberikan berbagai inspirasi dan motivasi kepada para penerima bantuan ternak tersebut. Deri juga mengingatkan bahwa jangan sampai karena ternak itu berasal dari bantuan, maka diurus dengan sepele dan tidak acuh saja.

“Bantuan ternak yang kita berikan pada bapak – ibu ini, hanya dapat bermanfaat dan berkembang menjadi lebih banyak jika benar – benar diurus dan dirawat. Sekali lagi, ini butuh diurus dan dirawat. Tidak bisa kambing, itik maupun ayam kampung ini hanya bapak – ibu lihat saat akan diambil untuk dijual saja,” kata Deri, saat berbicara di hadapan penerima bantuan di Aula Kantor Camat Lembah Segar, Kamis 17 Oktober 2019.

Disebutkan Walikota muda nan ramah senyum itu, melalui stimulan dari Pemko berupa bantuan ternak itu, diharapkan dengan dirawat serius dan dengan ilmu maka dapat berkembang semakin banyak sehingga semakin meningkatkan kesejahteraan masyatakat penerima bantuan itu.

“Kalau dapat tentu jika tahun depan saya berjumpa dengan bapak – ibu sudah dalam keadaan bapak – ibu menjadi peternak yang berhasil, kambing/ayam/itiknya sudah berkembangbiak berkali – kali lipat. Saya yakin bapak – ibu bisa seperti ibu dengan tekad dan usaha yang maksimal serta bekal ilmu yang didapat dengan pelatihan – pelatihan ini,” ujar Deri Asta.

Program bantuan ternak yang diprioritaskan diberikan pada masyarakat kurang mampu ini merupakan salah satu program unggulan Pemko Sawahlunto di bawah komando Walikota Deri Asta dan Wakil Walikota Zohirin Sayuti. Selain bantuan ternak, untuk kelompok tani juga diberikan bantuan bibit tanaman.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Sawahlunto, Hilmed menjelaskan bahwa untuk bantuan ternak ini yakni sebanyak 3 ekor/KK untuk kambing, 20 ekor/KK untuk ayam kampung dan 20 ekor/KK juga untuk itik.

“Tak hanya ternaknya saja, dalam bantuan itu kita juga berikan bantuan untuk membangun kandang dan bantuan untuk pakan ternak atau obat – obatan terkait,” tambah Hilmed.

Sebelumnya, kata Hilmed, untuk memastikan para penerima bantuan ternak ini memang benar – benar tepat sasaran dan sesuai kriteria, dilakukan survei lapangan langsung oleh tim Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pertanian masing – masing Kecamatan. Sehingga terjadinya resiko penerima bantuan tidak tepat sasaran dapat diminimalisir.

Facebook Comments

Loading...
loading...