Perangi Hoax, Darizal Basir Bersama Kominfo Ajak Milenial Bijak Gunakan Media Sosial

Padang – Anggota Komisi I DPR RI H. Darizal Basir membuka secara resmi forum diskusi publik merawat Kebhinnekaan dengan bijak bermedia sosial (Medsos). Hal ini hadir Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat  Ir. Yeflin Luandri, M. Si.

Dalam sambutanya Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat Ir. Yeflin Luandri, M. Si mengatakan, untuk era digital saat ini sekitar 50 % hingga 60 % pengguna handphone yang menggunakan media sosial dengan level tertinggi adalah melalui Instagram dan kedua di media sosial Facebook. Untuk pengguna media sosial ini yang paling banyak adalah dari kaum milenial, para pelajar SLTA dan siswa kampus perguruan tinggi.

Perangi Hoax, Darizal Basir Bersama Kominfo Ajak Milenial Bijak Gunakan Media Sosial 1
Kedatangan Anggota Komisi I DPR RI H. Darizal Basir di sambut para peserta forum diskusi publik merawat Kebhinnekaan dengan bijak bermedia sosial (Medsos).

Bahwa pemerintah melalui Kementerian Kominfo telah mengalokasikan program yang namanya media literasi yang baik, edukasi dan cerdas. Kita menghimbau agar masyarakat cerdas dan bijak dalam menggunakan media sosial untuk berbagai elemen dan level diseluruh Indonesia, tuturnya.

Dari berbagai mediasi, sosialisasi dan edukasi dari program Kementrian Kominfo ini telah menyebar ke seluruh indonesia. Kita sudah melakukan launching sejak tahun 2018 tentang antisipasi Hoaks, mulai Kominfo Provinsi hingga Kota.

Mudah – mudahan ini salah tagar mengantisipasi perpecahan dengan adanya penyebaran berita Hoaks melalui media sosial di Indonesia. Kominfo menghimbau bagaimana bijak dalam menggunakan media sosial.Perangi Hoax, Darizal Basir Bersama Kominfo Ajak Milenial Bijak Gunakan Media Sosial 2Bahkan menurut Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat Akhir – akhir ini media sosial (Medsos) telah dipergunakan untuk Hal – hal yang negatif, seperti penyebaran hoaks, ujaran kebencian, teror, dan banyak informasi yang fidak sesauai dengan kenyataannya. Oleh karena itu, Selamatta Sembiring mengajak semua pihak untuk meningkatkan literasi informasi.

Jangan cepat percaya terhadap informasi di media sosial. Literasi media sangat penting untuk memfilter berbagai bentuk informasi, apalagi informasi yang sumbernya tidak jelas, informasi yang judul dan isi tidak singkron, huruf yang di-bold atau cetak miring, itu adalah Ciri – ciri Hoaks, sebaiknya langsung dihapus.

Untuk landasan hukum terkait Hoaks di media sosial ada dari Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 24 Tahun 2017. Kemudian UU formalnya melalui UU IT yang sudah diterapkan oleh kepolisian dan Forkopimda, cuma kita juga perlu PPNS untuk UU IT, karena ini belum ada, ujarnya.Perangi Hoax, Darizal Basir Bersama Kominfo Ajak Milenial Bijak Gunakan Media Sosial 3Anggota Komisi I DPR RI Darizal Basir mengungkapkan, pemakai handphone pintar tersebut didominasi kalangan anak, pelajar dan perguruan tinggi. Maka diperlukan literasi-literasi bagaimana bijak mempergunakan media sosial.

Selain itu, juga telah meluncurkan bagaimana untuk mengantisipasi hoaxs sejak 2018 atau berita bohong dari provinsi hingga kabupaten dan kota, ujar Darizal.

Kata tahu negara Indonesia ini adalah negara besar termasuk negara aktif di dalam mengunakna media sosial (Medsos) dari total populasi penduduk Indonesia 264,16 juta orang sebagian megunakan interbet 171,17 juta orang persentase 64,8 %. Bertapa besar minat penduduk di Indonesia mengunakan Internet.

Untuk itu kita Bersama – sama Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik kita turun ke Daerah – daerah bagaimana memberikan arah yang lebih baik melalui diskusi atau memilih metode yang tepat kepada masyarakat cara mengunakan media sosial (Medsos) untuk persatuan bangsa.

Dikatakan Anggota Komisi I DPR RI H. Darizal Basir, semua ini langkah untuk mengantisisipasi perpecahan akibat dampak dari hoaxs tersebut. Maka, ke depan juga diperlukan penyidik PPNS untuk dalam hal UU ITE.

Anggota Komisi I DPR RI H. Darizal Basir mengajak setiap elemen bangsa Indonesia mewujudkan komunikasi yang sehat, terutama di media sosial (Medsos), pangkasnya.

Perangi Hoax, Darizal Basir Bersama Kominfo Ajak Milenial Bijak Gunakan Media Sosial 4
Akhir acara para anggota forum diskusi publik merawat Kebhinnekaan dengan bijak bermedia sosial (Medsos) photo bersama Anggota Komisi I DPR RI H. Darizal Basir Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat Ir. Yeflin Luandri, M. Si Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Drs. Selamatta Sembiring, M. Si.

Facebook Comments

Loading...
loading...